Jenis Jenis Pembayaran Online Untuk Bisnis e-Commerce

Di zaman yang semuanya sudah serba modern ini berbagai macam jenis bisnis dilakukan dengan melalui sistem online. Sudah banyak kita jumpai bernagai macam produk saat ini sudah dijual dengan menggunakan online. Bahkan, anda semua mungkin juga sudah sering melakukan jual beli dengan memanfaatkan transaksi online. Disaat tren belanja onlineyang berkembang pesat seperti sekarang ini, maka bisa dipastikan jika metode atau jenis jenis pembayaran online shop juga semakin beragam. Cara pembayaran online ini juga dinilai sangat penting untuk terus dikembangkan oleh setiap perusahaan e-commerce. Tujuannya tak lain supaya orang – orang juga bisa menjadi semakin tertarik untuk berbelanja online.

Jenis Jenis Pembayaran Online

Jenis jenis pembayaran online shop banyak sekali macamnya, diantaranya adalah dengan digital cash. Yang mana untuk sekarang ini kita sudah berada di zaman yang bisa dikatakan semakin cashless.

1. Transfer Antar Bank

Pembayaran Transfer Antar Bank

Dengan menggunakan metode pembayaran jenis ini, pembeli yang telah menjadi nasabah aktif dan mempunyai rekening di bank tertentu bisa melakukan transfer kepada alamat rekening dari penjualnya untuk membayar produk yang sudah dibelinya. Untuk jenis pembayaran ini diantaranya seperti ATM transfer, pembayaran teller, Internet Banking, maupun dengan Mobile Banking. Untuk jenis pembayaran ini, rekening yang dipakai dapat merupakan rekening dari  pemilik toko online tersebut, atau pada beberapa e-commerce.

Dalam hal ini pembeli akan melakukan transfer kepada rekening bersama milik perusahaan.  Dan sesudah produk diterima oleh si pembeli, selanjutnya uang tersebut diteruskan kepada rekening yang dimiliki oleh pihak penjual. Apabila memakai pembayaran jenis ini, biasanya para pembeli diharuskan untuk melakukan transfer terlebih dahulu. Baru setelah itu barang/produk yang mereka inginkan akan dikirimkan oleh pihak penjual.

2. Wallet / Store Credit

Jenis pembayaran ini biasanya terafiliasi dengan website e-commerce tertentu. Apabila anda semua, menggunakan sistem wallet / store credit ini, para pembeli yang sudah mempunyai akun pada sebuah toko online akan mempunyai semacam dompet online. Mereka juga bisa mengisi dompet tersebut dengan melakukan pengisian sejumlah uang pada dompet tersebut. Apabila nantinya pihak pembeli ingin melakukan transaksi, mereka bisa memakai saldo yang ada di store credit tersebut.

Kemudian, nantinya saldo akan otomatis berkurang sesuai dengan nominal yang sdah tercantum. Jenis jenis pembayaran online seperti ini juga tentunya cukup mudah digunakan. Selain itu juga bisa memungkinkan pembeli untuk memperoleh berbagai macam promosi menarik dari toko online tersebut. Sebab, memakai fitur wallet / store credit tersebut. Dengan menggunakan jenis pembayaran ini, maka transaksi pembayaran ini bisa menjadi lebih cepat dan mudah.

3. Paypal

Untuk melakukan transaksi jual beli online dalam hal pembayaran, anda semua juga bisa menggunakan Paypal. Perlu anda ketahui, jika Paypal ini merupakan cara perorangan dan juga bisnis mengirim serta menerima uang online.  Untuk keunggulan yang bisa anda dapatkan yaitu, pihak pembeli yang menggunakan Paypal untuk melakukan belanja online akan dapat mengirimkan komplain kepada pihak Paypal dalam waktu 45 hari. Tertama pada saat produk atau barang yang dibeli belum sampai pada waktu yang telah ditentukan pihak penjual atau barang yang dikirim ternyata tidak sesuai dengan deskripsi barang yang diberikan oleh  penjualnya.

Maka dari itu, apabila dari pihak pembeli yang merasa tidak puas maka dapat segera membuktikan bahwa pihak penjual tersebut melakukan penipuan (fraud). Dengan demikian dari pihak pembeli akan mendapatkan pengembalian uang (charge back) dari perusahaan kartu kreditnya tersebut. Jadi, tidak akan dirugikan. Dengan menggunakan jenis jenis pembayaran online ini, transaksi dalam jual beli online anda bisa menjadi semakin mudah.

Leave a Reply