Tahapan Perkembangan Bayi 5 Bulan dari Kemampuan Motorik dan Bicara

Bayi yang usianya sudah mencapai 5 bulan biasanya sudah mengalami banyak perkembangan jika dibandingkan usia sebelum 5 bulan. Untuk mengetahui perkembangan bayi usia 5 bulan yang normal, sebaiknya anda harus mengetahui berbagai macam hal terkait dengan perkembangannya.

Kemampuan Motorik Bayi 5 Bulan

Perkembangan bayi 5 bulan biasanya sudah memiliki kemampuan motorik yang baik dan sudah bisa dilihat. Biasanya pada saat memasuki usia 5 bulan, bayi sudah memiliki kemampuan seperti berikut ini:

Tahapan Perkembangan Bayi 5 Bulan dari Kemampuan Motorik dan Bicara

Mulai Bisa Berguling

Bayi bisa berguling dari posisi telentang ke tengkurap begitu pula sebaliknya. Namun, biasanya seorang bayi pada usia ini sudah bisa duduk tanpa ditopang di beberapa saat. Bayi biasanya sudah bisa tengkurap dengan cara menopang tubuh pada dengan tangannya sendiri. Ketika mulai melakukan hal tersebut, anda bisa membantu menstabilkan posisi duduknya. Tempatkan mainan di hadapannya, agar mainan yang anda berikan tersebut bisa dimainkan,  namun taruhlah bantal di sekelilingnya untuk menjaga keamanan jika ada kemungkinan jatuh. Jika perkembangannya sudah sampai disini, berarti ini menandakan bahwa bayi sudah bersiap untuk merangkak beberapa bulan ke depan.

Bisa Meraih Benda Di Sekitarnya

Perkembangan bayi 5 bulan biasanya ditandai dengan bayi yang sudah mulai bisa meraih benda-benda yang ada disekitarnya. Selanjutnya memindahkan dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Bahkan jika bayi lincah, maka biasanya bayi sudah bisa melempar benda-benda yang berada dalam genggamannya hanya untuk melihat benda itu jatuh. Pada saat anda menempatkan mainan gantung di atas tempat tidur sang bayi, biasanya bayi akan berusaha meraihnya.

Bisa Memegang Botol Susu Sendiri

Tahapan perkembangannya yakni ada kemungkinan bayi sudah dapat memegang botol susunya sendiri. Walaupun demikian, maka ada baiknya seorang ibu tetap memantau karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.  Ketika sudah ada pada tahapan ini, sebaiknya anda jangan meninggalkan bayi sendiri.  Sebab bisa saja saat minum susu bayi menjadi tersendat yang mana dapat mengakibatkan susu masuk ke saluran yang menghubungkan bagian belakang tenggorokan dengan bagian tengah telinga. Kondisi tersebut terlihat sepele, akan tetapi sangat berisiko dan bisa menyebabkan infeksi telinga.

Kemudian, anda dapat melatih otot-otot motoriknya dengan menempatkan mainan yang jauh dari jangkauan bayi dan serta menunggunya dapat meraih mainan tersebut. Di sela waktu, sebaiknya anda mulai mengajarinya untuk memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lain. Pilihlah mainan anak yang unik dan bisa mengeluarkan bunyi, seperti bernyanyi, dan tepuk tangan.  Sebab jika mendengar bunyi tersebut biasanya anak akan menirukannya. Walaupun demikian, semua stimulasi sebaiknya diberikan seperlunya, dan jangan sampai bayi merasa kelelahan.

Mengenali Kemampuan Bicara Bayi 5 Bulan

Pada usia ini, jika bayi sudah bisa berbicara secara aktif, ini merupakan hal yang normal pada tumbuh kembang bayi. Diantaranya yaitu:

  • Anak sudah terbiasa untuk mengeluarkan bunyi-bunyian yang terdengar dalam keseharian atau di sekitarnya, seperti suara TV, bunyi binatang peliharaan atau suara telepon. Seorang anak biasanya akan senang mendengar suara-suara tersebut. Bahkan suara tersebut bisa menarik perhatiannya, selanjutnya bayi akan menoleh ke sumber suara yang baru pertama kali didengarnya.
  • Perkembangan bayi 5 bulan biasanya ditandai dengan bayi yang mulai memperhatikan bicaranya. Biasanya, ocehannya pun sudah mulai lebih beragam dan lebih sering mengucapkan sesuai orang di sekelilingnya. Terkadang ada yang sudah bisa menggabungkan satu patah kata atau beberapa patah kata lainnya. Walaupun demikian, ada kata-kata yang bayi ucapkan, namun masih belum ditujukan kepada Anda.  Kemungkinan, 1-2 bulan lagi dia akan bisa memanggil anda dengan panggilan yang kerap didengarnya.

Leave a Reply